Nyamuk… Hmm siapa yang tak kenal nyamuk? Serangga kecil yang satu ini sangat akrab dengan kita, karena selain menyebabkan berbagai penyakit seperti DBD, malaria, chikungunya, radang jaringan otak dan lain-lain, kehadiran nyamuk sangat mengganggu kita.

Tapi tahukah kamu, ada banyak fakta unik yang dimiliki nyamuk, 5 diantaranya adalah:

  1. Nyamuk yang menggigit kita adalah nyamuk betina. Sebenarnya makanan pokok nyamuk adalah nektar tanaman, tapi khusus nyamuk betina membutuhkan protein amino yang terkandung dalam darah manusia untuk perkembangan telur-telurnya
  2. Gigitan nyamuk tidak menyebabkan gatal lho… Gatal yang kita rasakan ketika digigit nyamuk berasal dari air liur nyamuk yang sengaja dikeluarkan oleh nyamuk agar darah yang dihisap dari tubuh kita tidak membeku, air liur itulah yang menyebabkan kulit kita gatal.
  3. Nyamuk menyukai warna gelap. Jadi, jangan heran kalau nyamuk betah terbang berlama-lama diatas rambut kita, atau lebih suka mendekati orang yang memakai pakaian gelap atau yang berkulit gelap.
  4. Sekali bertelur, nyamuk betina mampu mengeluarkan 200-300 telur. Telur-telur nyamuk itu diletakkan di dalam air atau di dedaunan yang lembab, dan dalam hitungan menit akan berubah warnanya menjadi gelap agar tidak dimangsa atau diganggu hewan lain.
  5. Nyamuk menyukai tubuh yang berkeringat. Nyamuk tidak menggunakan penglihatannya untuk mencari mangsa. Ia menggunakan indra penciumannya untuk mengetahui keberadaan manusia. Indra penciuman nyamuk sangat peka terhadap aroma karbondioksida. Tubuh manusia yang berkeringat itu mengeluarkan lebih banyak karbondioksida sehingga lebih menggiurkan bagi nyamuk untuk didekati

Comments

comments