Benda bersejarah bukan hanya ada di museum. Masjid juga memiliki nilai sejarah, lho. Selain karena memiliki arsitektur yang unik dan berbeda dari kebanyakan masjid pada umumnya, masjid-masjid ini menyimpan keunikan lain.

Berikut ini ada 5 masjid bersejarah di Indonesia yang telah dirangkum oleh redaksi akalmu.com:

  1. Masjid Agung Demak
Masjid Demak
Sumber : Google

Masjid yang dibangun pada sekitar abad ke-15 Masehi ini terletak di desa Kauman, Kabupaten Demak, Jawa Tengah dan pernah menjadi tempat berkumpulnya para Walisongo, penyebar agama Islam di Tanah Jawa. Pendirinya adalah Raden Patah bersama Walisongo. Masjid ini, dicalonkan menjadi situs warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1995.

 

  1. Masjid Menara Kudus
Masjid_Menara_Kudus
Sumber : Google

Masjid Menara Kudus juga bisa dikenal dengan sebutan masjid al-Aqsa. Masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertamanya. Keunikan lain dari masjid ini yang tak lain adalah karena Menaranya yang setinggi 18 meter menyerupai Candi. Masjid ini juga memiliki gapura bergaya khas Hindu.

 

  1. Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten
Sumber : Google

Masjid ini memiliki menara gagah setinggi 24 meter yang menyerupai mercusuar. Untuk mencapai puncak menaranya kita harus menapaki kurang lebih 83 anak tangga. Tetapi, saat berada di puncak menara kita akan disuguhkan pemandangan indah di wilayah Banten.

Masjid ini dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570), Sultan pertama Kesultanan Banten, yang juga merupakan putra dari Sunan Gunung Jati.

 

  1. Masjid bawah tanah Taman Sari (DI Yogyakarta)
Masjid Taman Sari
Sumber : Google

Masjid ini terletak di bawah tanah kompleks Taman Sari Yogyakarta. Masjid yang dibangun pada tahun 1765 ini merupakan peninggalan Sri Sultan Hamengkubuwono I. Namun, masjid ini tidak difungsikan lagi sejak tahun 1812 dan hanya menjadi menjadi tempat wisata di taman sari.

Masjid ini berbentuk melingkar dan terdiri dari dua lantai. Lantai pertama digunakan oleh jamaah perempuan dan lantai atas di gunakan oleh jamaah Pria.

Di setiap lantainya terdapat sebuah lubang tempat imam memimpin Shalat. Uniknya bentuk bangunan yang melingkar ini menjadikan suara imam bergema sehingga tidak di perlukan lagi pengeras suara.

 

  1. Masjid Raya Baiturrahman
Meuseujid_Raya
Sumber : Google

Bagi kalian yang mengetahui peristiwa memilukan yaitu Tsunami Aceh tahun 2004, pasti kenal dengan masjid yang satu ini. Masjid Ini adalah satu-satunya masjid di Aceh yang tidak mengalami kerusakan sedikit pun saat di guncang gempa dan tsunami 2004 silam. Bahkan masjid ini di jadikan tempat pengungsi bagi para korban Tsunami. Masjid ini dibangun oleh sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Namun, ada pula yang mengatakan masjid ini di bangun di tahun 1292 oleh Sultainalaidin Mahmudsyah.

Itulah kelima masjid bersejarah di Indonesia. Ke sana yuukk…

Comments

comments

BERBAGI
Artikel SebelumnyaPuasa
Artikel BerikutnyaSerunya Bermain Pasir di Pantai Lampuuk, Banda Aceh.