Tanggal 20 Juli 1969, ada sebuah momen bersejarah dalam peradaban manusia. Momen tersebut adalah peristiwa pendaratan manusia di Bulan oleh 3 astronaut Amerika Serikat, yaitu Neil Armstrong, Edwin “Buzz” Aldrin, dan Michael Collins dengan menggunakan roket Saturn V. Kira-kira, apa saja yang mereka lakukan di Bulan? Kejadian apa saja yang mereka alami? Berikut ulasannya.

Dari 3 astronaut yang diluncurkan NASA ke Bulan, hanya 2 astronaut saja yang mendarat di permukaan Bulan, yaitu Neil Armstrong dan Edwin Aldrin. Lalu, kemana Michael Collins? Ternyata Michael Collins hanya berada di orbit Bulan selama Neil dan Edwin berada di Bulan. Tugas Collins saat itu adalah menjadi “cadangan” apabila Neil dan Edwin terkena masalah.

Misi mereka saat mendarat di Bulan adalah untuk mengumpulkan sampel bebatuan dari Bulan untuk dibawa ke Bumi untuk diteliti lebih lanjut.

Selain itu, jika Neil Armstrong dikenal sebagai manusia yang pertama kali menginjakkan kaki di Bulan, Buzz Aldrin juga terkenal sebagai manusia yang pertama kali pipis di Bulan. Untungnya, Spacesuit atau baju khusus perjalanan luar angkasa dilengkapi wadah untuk buang air kecil, jadi mereka bisa pipis dengan tenang deh…

Hayoo… apakah kamu ingin pergi ke luar angkasa juga? Yuk, belajar dengan tekun agar bisa menjadi astronaut dan pergi ke Bulan atau melebihinya

Comments

comments