Beberapa diantara kalian mungkin ada yang pernah mendengar istilah crop circle. Merupakan sebuah lingkaran di tengah ladang luas yang terbentuk secara misterius dan memiliki berbagai macam pola yang rumit. Pertama kali ditemukan pada akhir tahun 1970 di Inggris.

Melihat perkembangan crop circle yang semakin besar dan berpola semakin rumit, rasanya agak mustahil kalau dibuat oleh tangan manusia, apalagi waktu pembuatannya cuma satu malam. Terus, siapa yang buat?

Ada beberapa teori, nih:

Pertama, teori karya alam. Sampai sekarang, teori ini yang paling kuat menjelaskan bagaimana teori crop circle terjadi. Menurut teori ini, singkatnya fenomena crop circle terjadi karena adanya embusan angin yang disebut angin ion.

Kedua, teori manusia. Banyak yang meyakini kalau fenomena ini buatan manusia dan nggak pakai campur tangan alien. Contoh kasusnya adalah yang terjadi di Yogyakarta awal tahun 2011 yang ternyata polisi mengungkapkan kalau ini buatan manusia.

Tiga, teori alien. Teori ini paling populer, sayangnya nggak ada pembuktian secara ilmiah atau bukti yang akurat. Kebanyakan dari teori ini hanya meyakini pernah mendengar suara aneh di malam hari sebelum crop circle terbentuk.

Nah, sampai saat ini belum ada bukti jelas siapa pembuat crop circle, ya. Sementara ini kita hanya bisa beranggapan kalau ini hasil tangan alam kita yang menakjubkan.

Comments

comments