Sebuah tim sepakbola disebut juga kesebelasan, karena terdiri dari 11 pemain yang aktif di lapangan. Kenapa harus 11 orang?

Dulu ketika sepakbola pertamakali dimainkan, yaitu sekitar abad kedua dan ketiga sebelum Masehi, jumlah pemain sepakbola bukan 11 orang, melainkan 15 hingga 21 orang.

Di abad ke-20, permainan sepak bola mulai memiliki peraturan-peraturan yang resmi, termasuk jumlah pemain. Tetapi, kenapa harus 11 orang dalam satu tim, alias 22 orang saat 2 tim bertanding?

Kita tahu panjang lapangan sepak bola = 90 – 120 meter dan lebarnya = 45-90 meter. Dengan ukuran itu, pergerakan 22 pemain di lapangan lebih leluasa untuk menghindari tekanan dari pemain lawan, seperti ketika menerima dan mengkontrol bola dan kemudian memutuskan langkah apa yang akan diambil.

Jika jumlah pemain lebih sedikit, pemain akan lebih cepat lelah. Sedangkan jika jumlah pemain yang berada di lapangan lebih dari 22 orang, lapangan akan terasa sempit, pemain tidak leuasa bergerak. Akibatnya, permainan sepakbola terasa membosankan dan tidak menarik untuk ditonton seperti sekarang.

 

(Dari berbagai sumber)

Comments

comments