Sering kita merasa, membaca adalah kegiatan yang membosankan, karena teralu lama dan tidak ada isi yang bisa kita ingat. Padahal, membaca penting untuk menambah pengetahuan. Tenang aja…ada cara yang bisa membuat kamu membaca dengan cepat dan mengingat isi yang kamu baca.

  1. Jangan Menggumamkan Bacaan

Sadar nggak sih kalau seringkali kita menggumamkan apa yang sedang dibaca? Sebenarnya, gaya membaca seperti ini nggak salah sih, tapi kamu akan memakan waktu lama karena membaca secara kata per kata.

  1. Jarak Pandang Membaca Itu Berpengaruh, Lho! 

Supaya lebih fokus, pastikan jarak bacamu ± 30 cm. Dalam jarak ini, pandanganmu akan lebih luas sehingga bisa mencakup 1 kalimat secara langsung. Otakmu pun akan lebih rileks dalam menerima informasi karena nggak merasa pusing. Jadi, lebih fokus, kan?

  1. Membaca Secara Kata Per Kata Akan Menghabiskan Waktu

Biasakan kamu membaca 3 hingga 4 kata atau langsung sekelompok frasa.

    4. Jadilah Pembaca yang Aktif

Dalam proses membaca, ajukanlah pertanyaan dari diri sendiri yang sifatnya memancing rasa penasaran. Hal ini dapat membuat kamu lebih aktif membaca dan tak sabar menemukan jawabannya.

  1. Kecepatan yang Bervariasi

Kamu perlu tahu kapan harus membaca cepat dan kapan harus membaca lambat. Untuk kata-kata dan kalimat yang mudah dimengerti, kamu boleh membacanya dengan cepat. Sedangkan untuk kata dan kalimat yang agak susah dimengerti, bacalah dengan lebih lambat.

Nah, 5 cara membaca tadi bisa segera kamu coba dan lihat hasilnya.

 

(Dari berbagai sumber)

Comments

comments