Setiap tahun ajaran baru sekolah, banyak orangtua siswa yang ingin anaknya duduk di bangku depan di kelasnya. Padahal, anaknya justru ingin duduk di bangku deretan tengah atau belakang.

Katanya, kalau duduk di depan, siswa akan lebih mudah menyerap pelajaran dibanding duduk di tengah atau belakang. Apa iya?

Memang, duduk di bangku deretan depan lebih dekat dengan guru dan papan tulis. Menurut Psikolog, Bertha Sekunda, tidak ada hubungan antara posisi duduk dengan prestasi murid. Kelebihan duduk di bangku depan, siswa bisa mendengarkan pelajaran dan membaca tulisan di papan tulis dengan lebih jelas.

Sedangkan siswa yang duduk di bangku belakang, mudah terganggu oleh obrolan teman-temannya. Tapi jika siswa bisa mengatasi gangguan itu, dia lebih “tahan banting” dibanding temannya yang ada di bangku depan.

Kamu perlu minta bantuan guru kelas untuk ditempatkan di bangku depan, jika kamu memiliki gangguan pendengaran atau penglihatan. Gak usah malu-malu.

Psikolog Bertha Sekunda juga berpesan, jika kamu duduk di bangku belakang, tetap jaga konsentrasi, tetap memperhatikan penjelasan guru dan mencatat hal-hal penting yang diajarkan di depan kelas.

Selamat belajar di kelas baru…

Comments

comments