Agustus merupakan bulan yang bersejarah bagi bangsa kita. Sebab, setiap Agustus bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan. Nah, pada kali ini, akalmu.com akan menyajikan tulisan tentang masa kecil 7 Presiden kita. Sebagai giliran pertama, tentu saja kisah masa kecil Presiden pertama RI, Soekarno.

Soekarno adalah sosok yang memiliki sifat tegas, berani bertanggung jawab dengan perawakan gagah. Namun, siapa sangka dibalik kegagahan beliau ternyata menyimpan kenangan masa kecil yang begitu unik. Ini diantaranya:

  1. Dulu bernama Koesno

Koesno adalah nama Soekarno masa kecil. Beliau memiliki fisik yang lemah dan mudah sekali jatuh sakit. Karena daya tahan tubuh yang lemah ini akhirnya ayahanda Koesno mengganti nama anaknya menjadi Soekarno. Soe dalam bahasa jawa artinya baik, dan Karno diambil dari seorang panglima perang dalam kisah Bharata Yudha yaitu Karno.

  1. Sssttt, waktu masih sekolah ternyata jarang memerhatikan guru.

Ketika Soekarno duduk di bangku Sekolah Dasar, beliau jarang sekali memerhatikan guru. Ketika gurunya menerangkan materi pelajaran, Soekarno asyik sendiri menggambar tokoh pewayangan yang begitu dikaguminya yaitu, Bima/Wrekodara. Tentu saja hal ini membuat sang guru seringkali mengomeli Beliau. Namun, hal ini terjadi ketika beliau masih kanak-kanak yaa, ketika sudah remaja sikapnya pun berubah total menjadi seperti yang kita kenal sekarang.

Itu dia masa kecil mantan Presiden Soekarno. Semoga dapat menginspirasi kita untuk menjadi lebih baik dan membuat kita lebih mengenalnya.

Baca kisah berikutnya, tentang masa kecil Presiden ke-2 RI, Seharto.

Comments

comments