Bendera Indonesia yang berwarna merah dan putih memiliki sejarah panjang, jauh sebelum kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Diantara banyak fakta sejarah Bendera Merah Putih, akalmu.com merangkumnya sebagai berikut:

  1. Bendera berwarna dasar merah dan putih banyak dipakai oleh kerajaan-kerajaan di pulau Jawa, diantaranya kerajaan Gelang-Gelang (1222), Majapahit (1350) dan kerajaan Mataram (1613)
  2. Bendera berwarna merah putih juga digunakan masyarakat di berbagai wilayah lainnya di Nusantara, diantaranya Aceh, Tanah Batak, Palembang, Maluku dan sebagainya. Meskipun bendera merah putih sering dicampuri gambar-gambar lain.
  3. Bendera merah putih pertama kali berkibar di benua Eropa pada tahun 1922 oleh Perhimpunan Indonesia di Belanda, berupa bendera Merah Putih dengan kepala banteng di tengahnya.
  4. Tanggal 28 Oktober 1928 adalah pertama kalinya bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan berkibar dalam rangka Kongres Pemuda Indonesia di Jakarta.
  5. Tanggal 17 Agustus 1945, setelah proklamasi kemerdekaan dibacakan, bendera merah putih dikibarkan. Momentum ini adalah pertama kalinya bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan berkibar di bumi Indonesia yang merdeka.

Nah, ternyata bendera merah putih sudah digunakan oleh bangsa kita jauh sebelum negara Indonesia lahir. Benar-benar sudah mendarahdaging yaa…

(Dari Berbagai Sumber)

Comments

comments