Sistem navigasi Global Positioning System atau GPS tidak hanya terdapat di perangkat telepon genggam kita, tapi juga sudah di otak kita. Lebih canggih lagi.

John O’Keefe, seorang peneliti dari Pusat Sirkuit Saraf dan Perilaku di University College London, Inggris, serta pasangan suami istri Edvard Moser dan May-Britt Moser menemukan adanya hippocampus atau sel-sel saraf tertentu pada otak yang aktif pada otak manusia. Hippocampus merupakan bagian dari otak besar.

Menurut mereka, manusia memiliki dua hippocampus di kanan dan kiri otak, yang berfungsi untuk mengingat sesuatu dan navigasi ruangan. Temuan ini menunjukkan bagaimana manusia tahu di mana ia berada, bagaimana manusia menemukan jalan dari satu tempat ke tempat lain dan bagaimana manusia menyimpan informasi itu.

Jika digali lebih jauh, kemampuan sistem navigasi manusia dapat melampaui sistem navigasi pada perangkat GPS. Sistem navigasi manusia sangat dinamis dan dapat berkembang sewaktu-waktu.

Bahkan, sistem navigasi otak manusia akan menemukan jalan yang tepat, memecahkan masalah memori dan bagaimana orang belajar serta mengingat rute navigasi, serta mengingat mimpi saat tidur.

Itulah kehebatan GPS yang ada di dalam otak kita.
Masih perlu aplikasi GPS di HP?

Comments

comments