Bertelur maupun melahirkan biasanya dialami oleh hewan betina, namun lain halnya dengan kuda laut. Ternyata kuda laut jantan dapat menghasilkan ribuan anak, lho! Bagaimana bisa hewan jantan bereproduksi layaknya hewan betina?

Kuda laut jantan memang dapat melahirkan ribuan anak kuda laut, akan tetapi telur yang dihasilkan tetap diperoleh dari kuda laut betina, sobat. tetapi yang membedakan dari hewan lain adalah tempat penyimpanan telurnya. Jika pada hewan lain proses bertelur dan penyimpanan telur dilakukan sepenuhnya oleh hewan betina, pada kuda laut proses penyimpanan telur terjadi di dalam kantung perut milik kuda laut jantan. Hebatnya lagi telur yang di lahirkan oleh kuda laut jantan  jumlahnya dapat mencapai ratusan bahkan ribuan, lho!

Proses penyimpanan sel telur tersebut terjadi selama 28 hari. Setelah melahirkan bayi kuda laut biasanya menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat mereka berada. Itu karena sebelumnya sang induk sudah menyesuaikan jumlah garam yang ada di lingkungan tersebut dengan garam yang ada di kantung perutnya.

Cukup unik yaa cara hidup dan berkembang biaknya kuda laut, namun cukup memprihatinkan karena hewan mungil dan cantik ini sekarang terancam punah karena perburuan secara ilegal dan lingkungan laut yang mulai tercemar. Yuk kita jaga keseimbangan ekosistem laut dengan tidak membuang sampah sembarangan!

Comments

comments